Gerobak Teh Blesstea

Gerobak Teh Blesstea
Outlet Indoor Mall untuk semacam Teh Gopek

STICKER BRANDING MOBIL

STICKER BRANDING MOBIL
Stiker Promosi Usaha Makanan di Mobil

Rabu, 02 November 2011

Memilih Lokasi yang STRATEGIS untuk Usaha


LOKASI.....LOKASI.......LOKASI.........Mengapa? lokasi cukup berperan dalam tingkat kesuksesan usaha yang anda bangun. Biasanya sebelum membuka usaha harus didahului riset mengenai lokasi usaha ini, semuanya itu untuk memperoleh gambaran secara rinci lokasi seperti apa yg akan kita tempati, layak atau tidak akan ditentukan disini. baik dari tempat, trafik, dan akses yang mudah, ramai dan harus ada tempat parkir. 
Ada istilah "No Parking, No Bussines" ini akan sangat cocok untuk bisnis yang berhubungan langsung dengan customer, seperti bisnis toko retail, rumah makan, tempat kursus dll.

Ada beberapa pertimbangan yang bisa kita pakai untuk memilih lokasi yang tepat :

PERTAMA : KEPADATAN PENDUDUK
menjadi indikator besarnya potensi pasar, seberapa banyak keluarga yang tinggal disuatu daerah yang akan kita tempati untuk usaha, tentunya semakin banyak jumlahnya akan semakin baik untuk calon customer usaha kita.

KEDUA : PENGHASILAN
kepadatan penduduk harus linier dengan penghasilan, artinya apakah usaha yg akan kita tempatkan itu sudah cocok dengan segmentasi pasar yang kita bidik?

KETIGA : JUMLAH USAHA
ada kalanya usaha yg kita buka akan cocok sekali di lokasi yg dipilih berdasarkan centra perdagangan perdagangan. untuk itu pahami betul karakter produk anda.

KEEMPAT : TEMPAT
Mall, centra usaha, perumahan atau bahkan pinggir jalan? hal ini juga sangat bergantung dari Harga, Jenis dan Segmentasi produk anda. cara gampangnya adalah dengan membandingkan usaha anda dengan usaha sejenis, lalu amati dimana lokasi yang paling rame.

KELIMA : JUMLAH TRAFIK
berapa jumlah kendaraan yang lalu-lalang di lokasi perharinya, apakah mereka bisa melihat signade atau plang yg usaha kita pasang? apakah mudah di akses?

KEENAM : LOKASI CENTRA / PUSAT PERDAGANGAN
Biasanya usaha yang sejenis akan menempati sebuah area / dikelompokkan dalam sebuah area tertentu.

KETUJUH : AKSES KARYAWAN
bisa saja lokasi usaha yang cukup jauh bisa kontra produktif dengan karyawan, bikin lokasi usaha yang dekat dengan akses karyawan utama

KEDELAPAN : ZONA
bila zona yang kita pilih untuk usaha tidak cocok jangan dipaksakan, maka perlu menanyakan, apakah sudah cukup cocok untuk bisnis anda.

KESEMBILAN : TINGKAT KOMPETISI
berapa banyak usaha di tempat tersebut yang sama dengan jenis usaha anda. Apakah masih terbuka / sudah Jenuh? tapi jangan salah, bukan berarti tempat yang tidak ada kompetitornya adalah tempat yang cocok, bisa jadi tempat itu memang tidah ada pembelinya.

KESEPULUH : LINGKUNGAN
Lingkungan yang tepat akan bisa mengangkat "Citra" usaha anda, pilih yang tepat dengan karakter usaha anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

logo makanan

logo makanan
logo makanan

kemasan makanan

kemasan makanan
kemasan makanan

rombongku

rombongku
rombongku