Menjadikan sebuah waralaba menjadi sebuah merek yang terkenal, mendapatkan tempat dipasarnya serta menghasilkan keuntungan yang optimal adalah tujuan setiap pemilik franchise. Lingkup yang kita bahas jelas, para pemilik franchise bidang makanan dan minuman. Bagian paling ‘Hot’ dan seru didunia franchise.
Beberapa hal yang mendukung tumbuh berkembangnya kepercayaan pasar antara lain adalah jumlah outlet yang beroperasi, layanan prima terhadap pelanggan, dukungan support sistem kepada mitra, serta mutu produk yang selalu terjaga. Satu yang tak kalah penting juga yang perlu dipersiapkan adalah branding untuk merek waralabanya, konsistensi ‘hadir’nya merek anda di market waralaba mutlak diperlukan. Entah untuk selalu hadir dipameran waralaba, mengikuti business forum, selalu absen menghiasi majalah dan tabloid bisnis adalah satu diantara beberapa cara untuk eksis. Masih banyak caranya, ikutilah perkembangan. J
Untuk mendapatkan hasil terbaik dari beberapa hal diatas tersebut, Anda memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) yang handal. SOP adalah faktor pendukung keberhasilan usaha franchise yang bekerja dari dalam dan luar sekaligus. SOP membangun pondasi usaha yang kokoh, sementara strategi pemasaran mengembangkan potensi ekspansi ke berbagai wilayah pasar potensial.
Pertumbuhan jumlah outlet bermula dari kesuksesan presentasi program franchise terhadap calon mitra. Ini adalah tahap awal sekali, dimana anda akan memerlukan rencana bisnis serta tampilan visual yang menarik. Baik dari segi produknya, ataupun penampilan orang yang membawakan presentasinya. Kesan pertama menentukan segalanya.
Dipresentasi awal ini, anda diharapkan mampu memberikan gambaran yang tepat mengenai bisnis waralaba yang Anda tawarkan terhadap calon mitra. Presentasi tatap muka hendaknya tidak melebih-lebihkan fakta yang ada. Membicarakan kondisi terkini secara aktual jauh lebih baik daripada menciptakan teknik persuasif yang bisa menjadi bumerang di kemudian hari.
Sementara itu, SOP menjadi landasan bagi departemen processing, accounting dan operational dalam mengambil kebijakan tepat guna yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Bisa dikatakan, SOP adalah kitab suci yang harus dipatuhi dalam kegiatan operasional sebuah outlet. Tanpa SOP yang relevan dengan kondisi terkini dan mengedepankan kualitas produk dan layanan, usaha waralaba yang Anda miliki akan menjadi sebuah acara kerja bakti yang tidak mampu menghasilkan optimum profit.
Antara eksekusi strategi marketing dan pelaksanaan SOP keduanya bekerja secara bersama dan saling menyeimbangkan kinerja perusahaan. Bila salah satu bagian tidak bisa bekerja secara maksimal, Maka itu adalah salah satu pertanda Anda belum mampu menciptakan kepercayaan publik terhadap brand yang sedang anda kembangkan. Bergurulah pada guru yang tepat, manfaatkan momen diskusi bisnis, mengikuti seminar, meng-hire konsultan franchise. Apapun yang bisa membuat bisnis anda cepat berjalan dan besar. Selamat menyusun strategi! :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar